Merasa Tinggi

Tinggi adalah ukuran dasar dari di mana posisi kita. Banyak yang berharap ada di sana atau ada juga yang hanya ingin di bawah karena takut akan ketinggian. Bukan tempat yang mudah bila sudah berada di atas sana. Campur aduknya kebaikan dan keburukan yang banyak di antara kita banyak mengharapkan sisi buruk dari posisi itu. Begitulah manusai, begitulah kita. Sebuah grand design, ciptaan Allah yang paling sempurna yang Allah berikan segalanya termasuk alam ini untuk kita. Sang Maha Pemurah tidak membutuhkan sesuatupun dari kita, tetapi manusia lebih cenderung dableg apalagi setelah berada di atas.

Sebuah refelksi diri ingin disampaikan oleh tidak hanya orang awam tetapi juga para pendakwah. “Kaca” yang mereka bawa berupa 2 kitab yang menjadi pedoman, satunya adalah Qalamullah dan Hadits dari manusia paling sempurna dari segala sisi dan Allah sudah menjamin beliau, Rasulullah ﷺ yang sepantasnya kita tiru. Sekian banyak kenikmatan hidup diberikan kepada Rasulullah ﷺ tidak membuatnya sombong, justru semakin tawadhu dan mengingat akan hari kemudian. Hal ini lah yang banyak dilupakan atau sengaja untuk dilupakan oleh anak-cucu nabi Adam saat mereka berada di atas sana.

Bagaimana pun tempat kita adalah di bawah sini, pada akhirnya akan menjadi tanah dan berbau busuk menyengat. Tidaak ada yang bisa dibanggakan dari diri ini selain apa yang telah kita lakukan yang kita niatkan untuk Allah dan urusan akhirat lainnya. Semua akan sia-sia belakan bila kita tidak membawa Allah ke setiap usaha kita di duna ini. “Merasa tinggi” hanya boleh dimiliki oleh Allah semata, ini bukan jatah kita. Apapun jabatan kita, profesi kita, harta yang kita punya semua hanya Allah jadikan alat untuk menguji kita, “Pantaskah kita masuk ke tempat akhir yang tertinggi di sana? Surga?”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s