Sebaik-baik buku adalah Al-Qur’an

Ilmu adalah sesuatu yang di junjung tinggi, tidak terkecuali dalam dunia Islam. Bagaimana Rasulullah ﷺ mengajarkan ilmu yang tak lekang dimakan zaman. Bagaimana Rasulullah ﷺ menghasilkan generasi-generasi para Shahabat yang semua menjadi penuntut ilmu. Kita berkaca kepada salah satu tokoh Shahabat muda yang sudah menjadi Ahli ilmu, Ibnu Abbas.

Diusianya yang belia pemuda yang bernama panjang Abdullah bin Abbas bin Abdul Muthalib ini lahir sebagai keponakan bagi Rasulullah ﷺ. Kecemerlangan ilmu dari Ibnu Abbas sudah terlihat sejak dia kecil. Belajar dari Rasulullah ﷺ secara langsung, Ibnu Abbas tumbuh menjadi ahli ilmu diusia muda dan mendapat julukan dari Umar bin Khattab sebagai “Ulama para Shahabat” yang ilmunya menjadi acuan banyak para Shahabat.

p1

Ilmu yang Rasulullah ﷺ ambil dan ajarkan berasal dari sebaik-baik kitab dan buku di dunia ini, Al-Qur’an. Acuan yang tidak pernah lekang dimakan waktu dan zaman karena berasal dari Sang Maha tahu. Dari acuan medis (proses mengandung) hingga penemuan fenomena-fenomena alam yang baru kita manusia modern baru temukan dewasa ini (pertemuan air tawar dan laut yang tak bercampur, sungai di dalam laut, dsb). Sudah seharusnya kita sebagai muslim memperbanyak mengkaji Kitab suci yang agung ini.

IMG_2778

Rasulullah ﷺ banyak menuturkan kepada kita bahwa Al-Qur’an adalah sebaik-baiknya kitab yang harus dibaca dan dikaji oleh kita para muslim, Allah berfirman dalam kitab-Nya

“Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al Quran.” (Az-Zumar: 23)

Lalu Rasulullah pertegas dalam Hadits Shahih

“Amma ba’du, sesungguhnya sebaik-baik ucapan adalah kitab Allah, sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad, seburuk-buruk urusan adalah perbuatan yang diada-adakan (dalam agama).” (HR. Muslim)

Sudahkah kita memperbanyak membaca Al-Qur’an?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s