Menggapai Surga

Menggapai Surga

Keindahan dan kemegahan Surga adalah impian bagi setiap umat manusia. Dari bau hingga keadaan fisik yang tidak bisa dibayangankan dengan akal sehat kita karena begitu megahnya ciptaan Allah ini. Rasulullah ﷺ bersabda dalam Hadits Qudsi,

“Aku telah mempersiapkan bagi hambaku apa yang belum pernah dilihat oleh mata, belum didengar oleh telinga dan tidak satu hati manusia yang dapat memahami /dirasakan”.(HR.Ibnu Majah, Ibnu Hibban)

Banyak dari Hadits Rasulullah ﷺ atau dari firman-Nya menggambarkan bagaimana kemegahan dan keadaan dari Surga yang membuat kita semakin taat karena menginginkan dapat masuk ke dalam Surga ini.

>> Aroma Surga

Fitrah manusia diciptakan menyukai wewangian dan mencintai keindahan, seperti itulah keadaan di surga. Ibnu Abbas r.a. meriwayatkan, Rasulullah ﷺ bersabda,

“Bau surga dapat dirasakan dalam perjalanan 500 tahun. Bau surga ini tidak bisa dicium oleh orang yang mencari keduniaan dengan menggunakan amal akhirat.” (Al- Jami’u Ash-Shagril. hal : 164. Irsyadul Ibad. hal: 63. Bab: Riya”)

IMG_7615

Jarak yang sangat jauh dan tidak bisa dibandingkan dengan apa yang ada di dunia. Dalam hadits lain Rasulullah ﷺ mengatakan ada beberapa orang yang tidak dapat mencium bau dari surga. Sebuah keadaan yang sangat kita hindari. Dari Abdullah bin Amr RA, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda,

“Barang siapa membunuh seseorang maka ia dijanji tidak akan bisa mencium bau surga, padahal bau surga dapat dirasakan dari perjalanan 40 tahun.” (Jawahirul Bukhari. Hal : 511)

>> Pintu Surga

Rasulullah ﷺ bersabda,

“Demi Allah, Dzat yang menguasai diriku, sungguh jarak antara dua sisi pintu surga seperti jarak antara kota Makkah dan kota Hajar, atau seperti jarak antara kota Makkah dan kota Bushra.” (HR Muttafaq ‘alaih)

Hajar adalah nama salah satu kota di Bahrain. Jarak antara kota Hajar dan Makkah adalah 1.160 km. Sedangkan Bushra ada di Suriah. Jarak antara kota Bushra dan Makkah adalah 1.250 km. Artinya, luar sebuah pintu surga sekitar 1.200 km. Dalam Hadits lain Rasulullah ﷺ menuturkan bahwa jarak antara dua pintu Surga adalah 40 tahun perjalanan. Rasulullah ﷺ bersabda,
“Rasulullah bersabda kepada kami bahwasanya jarak antara daun pintu ke daun pintu surga lainnya sepanjang perjalanan empat puluh tahun, dan akan datang suatu hari ketika orang yang memasukinya harus berdesakan.” (HR. Muslim)

Suatu kisah Abu Bakar RA berbincang dengan Rasulullah ﷺ mengenai pintu surga. Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa beliau pernah mendengar Rasulullah ﷺ bersabda,

“Barangsiapa yang berinfak dengan sepasang hartanya di jalan Allah maka ia akan dipanggil dari pintu-pintu surga, ‘Hai hamba Allah, inilah kebaikan.’ Maka orang yang termasuk golongan ahli shalat maka ia akan dipanggil dari pintu shalat. Orang yang termasuk golongan ahli jihad akan dipanggil dari pintu jihad. Orang yang termasuk golongan ahli puasa akan dipanggil dari pintu Ar-Rayyan. Dan orang yang termasuk golongan ahli sedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.”

12

Ketika mendengar hadits ini Abu Bakar pun bertanya, “Ayah dan ibuku sebagai penebus Anda wahai Rasulullah, kesulitan apa lagi yang perlu dikhawatirkan oleh orang yang dipanggil dari pintu-pintu itu. Mungkinkah ada orang yang dipanggil dari semua pintu tersebut?”

Rasulullah ﷺ pun menjawab, “Iya ada. Dan aku berharap kamu termasuk golongan mereka.” (HR. Bukhari no. 1897, 3666 dan Muslim no. 1027)

Menjadi Penghuni Surga

Surga sebuah tempat yang berada diluar akal kita sebagai manusia, karena surga didesain menjadi kebahagiaan abadi bagi manusia. Mulai dari aroma surga yang sudah tercium dari jarak 40 tahun hingga Pintu surga yang jaraknya antara kedua daun pintunya mencapai ribuan KM (Kilometer). Belum lagi makanan kita disana yang dijelaskan di dalam Al-Quran,

”Dan buah-buahan dari jenis apa pun yang mereka pilih, dan daging burung dari jenis apa pun yang mereka inginkan.” (Al-Waqi’ah: 20-21)

”Di dalam surga, mereka diberi minum segelas (minuman), yang campurannya adalah jahe. (Yang didatangkan dari) sebuah mata air surga, yang dinamakan Salsabil.” (Al-Insan:17-18)

Allah ﷻ memberikan syarat yang begitu mudah bila kita ingin menjadi penghuni surga, yaitu mengikuti Rasulullah ﷺ dan beriman kepada Al-Qur’an. Allah ﷻ berfirman dalam kitab-Nya,

“Rasul telah beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): “Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya’, dan mereka mengatakan: “Kami dengar dan kami taat”. (Mereka berdoa): ‘Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali.’” (Al-Baqarah : 285)

IMG_5054

Allah memberikan tambahan kenikmatan bagi siapa yang ingin memiliki istana di Surga dengan beberapa syarat, diantaranya :

1. Menjaga Shalat Rawatib
Rasulullah ﷺ bersabda,

“Allah SWT pasti membangun sebuah istana di surga bagi orang yang shalat sunnah tulus karena Allah-sebanyak dua belas rakaat setiap hari.” (HR. Muslim)

2. Sedekah atau membangun masjid
Rasulullah ﷺ bersabda,

“Siapa yang membangun masjid karena Allah walaupun hanya selubang tempat burung bertelur atau lebih kecil, maka Allah bangunkan baginya (rumah) seperti itu pula di surga.” (HR. Ibnu Majah, no. 738)

“Selubang tempat burung” disini menurut para Ulama adalah membantu pembangunan masjid walau hanya sebatas sumbangan kecil asalkan ikhlas karena Allah ﷻ.

3. Orang yang membaca Al-Ikhlas sebanyak 10 kali
Rasulullah ﷺ bersabda,

“Siapa yang membaca qul huwallahu ahad sampai ia merampungkannya (surat Al-Ikhlas, pen.) sebanyak sepuluh kali, maka akan dibangunkan baginya rumah di surga.” (HR. Ahmad, 3: 437)

Ternyata begitu sederhana dan mudah bila kita ingin menjadi penghuni surga bahkan hingga memiliki istana di surga. Tetapi apakah kita siap menjalakan amalnya secara istiqamah dan lurus hanya kepada Allah? (PUT)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s