Taubat itu Wajib

Taubat adalah sebuah kewajiban bagi setiap kita yang muslim. Imam An-Nawawi dalam kitabnya Riyadhus Shalihin menuturkan bahwa setiap Ulama sepakat bahwa taubat dari segala dosa adalah suatu keharusan. Jika dosa yang dilakukan tidak berkaitan dengan hak sesama manusia, maka ada tiga syarat yang harus dipenuhi.

1. Menghentikan Kemaksiatan
2. Menyesalinya
3. Bertekad untuk tidak melakukan kemaksiatan itu lagi

Bila salah satu dari syarat tersebut tidak ada maka Ulama sepakat bahwa taubatnya tidak sah. Beberapa contoh adalah bila Fulan menghentikan kemaksiatannya tetapi tidak menyesali dan selalu terbayang akan kemaksiatan yang Fulan dulu lakukan, ataupun sebaliknya.

Jika kemaksiatan yang dilakukan berkaitan dengan hakl sesama manusia, ada empat syarat yang harus dipenuhi, yakni tiga syarat di atas, dan syarat keempat yaitu : membebaskan diri dari hak tersebut. Artinya, jika hak itu berupa harta benda, ia harus mengembalikan kepada pemiliknya. Jika menggunjing maka ia harus meminta maaf kepada orang tersebut.

Gambar-gambar orang sedih sakit dan patah hati Lengkap 2.jpg-22197671.jpeg

Bila kita tidak bisa meminta maaf kepada orang yang kita gunjing (sudah meninggal atau tidak terlacak) maka kita harus meng klarifikasi kepada siapa kita menggunjing orang yang bersangkutan. Setiap orang harus bertaubat dari segala dosa yang pernah diperbuatnya. Dalil tentang keharusan bertaubat sengat banyak, baik dari Al-Qur’an, hadits maupun ijma’ para ulama.

Allah ﷻ berfirman,

“Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang mukmin yang bersama dia; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan: ‘Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu’,” (At-Tahrim : 8)

Ayat di atas menjadi bukti Allah ﷻ sang Ar-Rahman, cukup dengan meminta ampun, menyesali dan bertekad tidak mengulanginya maka Insyaa Allah kita akan masuk surganya Allah karena diampuni dosanya.

fire-04

Tuntunan Taubat dalam Hadits Rasulullah ﷺ

>> Rasulullah ﷺ bersabda

“Wahai sekalian manusia. Taubatlah (beristigfar) kepada Allah karena aku selalu bertaubat kepada-Nya dalam sehari sebanyak 100 kali.” (HR. Muslim)

Pelajaran-pelajaran Hadits :
1. Seorang mukmin hendaknya memperbanyak istighfar dan segera bertaubat.
2. Penyebutan bilangan tidak dimaksudkan membatasi jumlah istighfar
3. Rasulullah ﷺ yang sudah Allah ﷻ jamin saja beristighfar sebanyak 100 kali, bagaimana dengan kita?

>> Rasulullah ﷺ bersabda

“Sesungguhnya Allah Ta’ala membentangkan tangan-Nya di malam hari untuk menerima taubat hamba yang berdosa di siag hari. Dan Allah Ta’ala membentangkan tagan-Nya di siang hari untuk menerima taubat hamba yang berdosa di malam hari, sampai matahari terbit dari barat.” (HR. Muslim)

Pelajaran-pelajaran Hadits :
1. Rahmat dan ampunan Allah ﷻ kepada hamba-Nya berlaku sepanjang masa
2. Anjuran untuk segera bertaubat ketika telah berbuat maksiat
3. Pintu taubat selalu terbuka hingga matahari terbit dari barat karena hal itu merupakan tanda hari Kiamat

>> Rasulullah ﷺ bersabda

“Sesungguhnya Allah itu begitu bergembira dengan taubat hamba-Nya melebihi kegembiraan seseorang di antara kalian yang menemukan kembali untanya yang telah hilang di suatu tanah yang luas.” (Muttafaq’alaih)

Pelajaran-pelajaran Hadits :
1. Allah ﷻ memiliki kasih sayang dan cinta yang sangat luas dengan menerima taubat mereka
2. Anjuran untuk bertaubat
3. Kesalahan yang tidak disengaja, tidak ditulis sebagai dosa
4. Penjelasan Rasulullah ﷺ yang disertai perumpamaan, patut dicontoh untuk memperjelas keterangan
5. Diperbolehkan mempertegas sebuah perkara dengan sumpah, ketika dibutuhkan

(Diambil dari kitab Riyadhus Shalihin karya Imam An-Nawawi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s